Senin, 07 November 2011

Soal PDAM, Harus Ada Studi Kelayakan



 
Selasa, 01 November 2011 , 16:58:00

JAYAPURA-Wacana penggunaan air Danau Sentani untuk dijadikan air bersih yang bisa dikonsumsi masyarakat rupanya ditanggapi serius oleh Kepala Badan Lingkunga Hidup Kota Jayapura MH Thamrin Sagala, SH, MM. Menurutnya, pemanfaatan air Danau Sentani sebagai salah satu sumber air PDAM Jayapura menurutnya perlu dilakukan studi kelayakan.
     “Harus ada studi kelayakan sebelum memanfaatkan air Danau Sentani untuk dikonsumsi masyarakat. Melalui studi ini akan dilihat apakah air Danau Sentani benar–benar aman dan tidak mengandung suatu bahan yang berbahaya bagi kesehatan manusia,” ungkap Thamrin Sagala kepada Cenderawasih Pos di Kantor Wali Kota, Senin (31/10).
Dikatakannya, meskipun nanti berdasarkan studi kelayakan, air Danau Sentani ternyata dikatakan layak untuk dijadikan intake air bersih untuk dikonsumsi masyarakat, maka pihak pengelola dalam hal ini PDAM tetap harus memberikan perlakuan khusus terhadap air itu sebelum air itu sampai ke pelanggan. “Jadi saya setuju bahwa airnya terlebih dulu harus diolah melalui satu alat khusus sehingga air itu benar–benar layak untuk di konsumsi,” katanya.
Saat disinggung soal makin menurunnya debit air di sejumlah sumber air di kawasan Cycloop, Thamrin Sagala mengatakan, hal itu tidak terlepas adanya aktivitas penebangan di sekitar kawasan Cycloop. Terkait hal itu, BLH Kota Jayapura kata Thamrin Sagala, terus melakukan recovery di kawasan tangkapan air sekaligus untuk rehabilitasi hutan Cycloop. “Tetapi yang paling penting adalah kesadaran masyarakat untuk menjaga hutan,” tegasnya.(ta/nat)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar